images

okezone.com

Meishiana Tirtana

Member Since 02/11/2015

Program Mentoring UPH Berikan Apresiasi Bagi Mentor

Rabu, 28 Maret 2018

Mentoring merupakan program dari UPH yang berada di divisi Student Servives, divisi yang berada di bawah Departemen Student Life UPH. Mentoring menjadi metode khusus dari UPH dimana para mentor yang terpilih akan memiliki kurang lebih 10 mentee (mahasiswa baru UPH). Mentor ini merupakan orang pertama yang menjadi tempat para mentee  untuk mencari informasi seputar kehidupan kampus. Tentunya para mentor yang terpilih harus menjadi role model bagi para mentee.  

 

Program Mentoring sendiri setiap tahunnya akan membentuk satu kepengurusan besar. Untuk tahun 2017/2018 ini Felix Mahasiswa Teknik Sipil 2014 yang juga Head Mentor ini menjelaskan struktur program mentoring tahun kepengurusan 2017/2018 yang terdiri dari: 6 Head Mentor, 36 Chief Mentor, dan 216 mentor. Head Mentor bertugas sebagai perencana program kerja dan berkordinasi langsung dengan Departemen Student Life.  Chief Mentor bertugas sebagai organisator program untuk memastikan program berjalan dengan baik dan berkordinasi langsung dengan Student Life UPH. Mentor menjadi orang yang berhubungan langsung dengan para Mentee dan menjadi eksekutor program. 

 

Untuk menutup tahun kepengurusan 2017/2018 ini UPH mengadakan Mentoring Week yang berisi acara menarik seperti Carnival Games, Escape Room, dan Kompetisi yang terbuka untuk umum. Tidak hanya itu sebagai bentuk apresiasi UPH, sebagai puncak acara Mentoring Week ini juga ditutup dengan malam apresiasi dimana diadakan Exemplary Mentor Award dimana terpilih 9 mentor yang memenuhi kriteria untuk menerima award.

 

Penilaian dilakukan dengan cara sederhana, dimana Chief Mentor memberi nominasi nama mentor dan Head Mentor memilih 9 nama mentor yang mewakili tiap fakultas. Tentunya penilaian ini berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu pertama  Commitment, yang dilihat berdasarkan kualitas komunikasi antara mentor dengan mentee selama 1 tahun tersebut. Kedua Competence, mentor mampu membimbing, memberi feedback , dan diharapkan mampu memberi solusi bagi mentee. Ketiga yaitu Character, mentor harus mampu menjadi role model yang dilihat berdasarkan track record mereka sebagai mahasiswa harus bersih dan mampu menjadi contoh pemimpin yang baik dan benar. Keempat, Compassion, mentor harus mampu menunjukkan perhatian tulus dan tidak memandang mentee lebih inferior. Kelima Discipline, mentor harus menjadi orang yang penuh tanggung jawab, tepat waktu, dan mengikuti kegiatanSelf-D (Self Development) dan membuat laporannya, laporan ini juga menjadi salah satu poin penilaian.

 

Felix berharap meskipun satu tahun kepengurusan berakhir, namun semangat menjadi mentor tidak luntur, dan para mentor tetap dapat terus menghidupi peran mentornya kepada para mentee. (mt)

 

Dengan dianggap memenuhi kriteria tersebut, terpilih lah 9 mentor tersebut:

 

1. Mentor untuk Fakultas Hukum:

Sarah Raisa Putri Hukum, 2016

2. Mentor untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Christabela Anata  Hubungan Internasional, 2016

3. Mentor untuk STPPH:

Sylvia Manajemen Usaha Wisata, 2016

4. Mentor untuk  Conservatory of Music:

Grace Kezia Desain Interior, 2016

5Mentor untuk  School of Information Science and Technology (SISTECH)

Jeany Versalius Desain Interior, 2016

6. Mentor untuk Fakultas Kedokteran:

Karlina alferinda Kedokteran, 2016

7. Mentor untuk Faculty of Science and Technology (FaST):

Nicholas Satyahadi Applied Mathematics, 2016

8. Mentor untuk School of Design:

Priscilla Josephine Olivia Soegandi Desain Komunikasi Visual, 2016

9. Mentor untuk Business School:

Edrick Akuntansi, 2015

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login