images

okezone.com

Meishiana Tirtana

Member Since 02/11/2015

Peduli Abrasi Pantai Marunda, UPH Tanam 3.000 Bibit Bakau

Senin, 7 Mei 2018

SALAH satu upaya untuk pelestarian lingkungan sekitar pantai, kali ini UPH melalui program Sustainable Environmental Conservation (SECbersama Departemen Student Life UPH menanam 3.000 bibit bakau (mangrove). Bibit bakau ini telah ditanman di Pantai Marunda, Jakarta Utara pada 7 April 2018. Kegiatan seperti ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan yang berdampak bagi masyarakat di sekitarnya.

Dalam pelaksanaannya, SLC bekerja sama dengan Indonesian Mangroves Restoration Foundation (IMARF) serta warga sekitar, dan siswa SD setempat. Total  seluruh peserta yang berpartisipasi sekitar 180 orang.

 

Berdasarkan beberapa penelitian, wilayah Marunda telah mengalami abrasi parah selama kurun waktu 50 tahun terakhir, sehingga dibutuhkan benteng pertahanan dari Mangrove, atau yang dikenal dengan pohon bakau, tanaman multi fungsi bagi ekosistem pantai. Selain itu, dengan tingginya perubahan iklim, Jakarta juga terancam tenggelam suatu hari nanti, terlebih lagi beberapa pantai di Jakarta sudah mengalami abrasi dan mengakibatkan Jakarta tergenang air pasang. 


Melalui penanaman bakau ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan pembelajaran dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem pantai tidak hanya bagi penduduk yang tinggal di sekitar pesisir pantai, tetapi juga bari para mahasiswa yang terjun langsung dalam program ini.

 

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini, pastinya banyak pengalaman berharga dan kesan-kesan pribadi yang didapatkan oleh anggota SEC, mereka bersyukur dapat membawa dampak yang baik bagi kelestarian ekosistem Pantai Marunda. Diharapkan juga dengan penanaman pohon bakau dapat mengurangi abrasi yang terjadi pada pantai di Indonesia, khususnya daerah Jakarta.

 

Sebagai bukti dari kerjasama ini, ketua program kerja SEC, Farren Williady, menyerahkan plakat kepada perwakilan warga Marunda. Selanjutnya, perwakilan Student Life UPH, David Christian, juga turut menyerahkan plakat kepada perwakilan IMARF. 



Sepanjang acara ini, Tim Bantuan Medis (TBM) dari Faculty of Nursing (FoN) UPH juga selalu siap siaga demi kesuksesan dan kelancaran acara.

Berikan Komentar Anda

Login untuk komentar

Login